LPPI UMS dan RJI Jalin Kerjasama Peningkatan Kualitas Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 03/09/2020 - 08:56
lppi-jalin-kerjasama-rji

Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalin kerja sama dengan Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dan Memorandum Of Agreement (MoA) pada Sabtu, 7 Maret 2020 di ruang sidang LPPI UMS. Kerja sama ini bertujuan sebagai usaha peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah di UMS.

Pada kesempatan tersebut, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMS yakni Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt., Kepala LPPI UMS Wisnu Setiawan, S.T., M.Arch., Ph.D., dan Ketua Pusat RJI yaitu Andri Putra Kesmawan, S.IP., M.IP. Tak ketinggalan para pengelola jurnal prodi di UMS turut menyaksikan prosesi penandatangan kerjasama itu.

Poin kerjasama dalam MoU salah satunya dituliskan, bahwa LPPI UMS dengan RJI memiliki visi yang sejalan, yakni membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan Jurnal secara elektronik di Indonesia yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional. “Dalam satu tahun ke depan LPPI dan RJI akan mengadakan beberapa workshop yang akan diikuti pengelola jurnal di UMS,” ujar Wisnu Setiawan Kepala LPPI UMS.

Kemudian Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UMS mengatakan, UMS selalu berupaya mendorong para dosen di UMS untuk konsisten menulis jurnal. Perihal ini berkaitan dengan pengembangan kualitas dan penilaian akreditasi baik di universitas maupun program studi. UMS menargetkan, dalam rentan waktu setahun ini, bisa menerbitkan jurnal ilmiah terindeks Scopus tidak kurang dari 500 jurnal.

“Ini semua butuh usaha yang baik dan ekstra. Dan butuh partner dalam prosesnya, nah RJI ini ranahnya di situ, melakukan pendampingan dalam pembuatan dan pengelolaan jurnal ilmiah,” ungkap Muhammad Da’i.

Pendampingan nanti ujar Ketua RJI, tidak hanya dalam bentuk tatap muka secara langsung, tetapi pendampingan bisa dilakukan secara daring (online) tanpa harus bertemu dalam satu ruang nyata. “RJI memiliki program pembelajaran lewat online. Jadi bisa lebih menghemat biaya dan beberapa hal lainnya” jelas Andri.

Pengurus Pusat RJI beralamatkan di Brajan, RT. 02 Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejauh ini, Andri menyebutkan RJI telah memiliki 243 tutor dan 12 asosiasi editor yang siap mendampingi para pengelola jurnal. (Risqi/Humas)