Pesilat Pelajar Se-Jawa Tengah Ikuti Kejuaraan Tapak Suci di GOR UMS

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 01/02/2020 - 08:15
pencaksilat-pelajar-se-jateng

Kompetisi bela diri Tapak Suci antar pelajar se-Jawa Tengah kembali digelar di GOR UMS. Kegiatan dua tahunan ini adalah yang keenam dan diikuti oleh 320 pelajar baik SMP maupun SMA yang berasal dari seluruh Jawa Tengah. Para pelajar tersebut datang ke UMS mewalili kota atau kabupatennya masing-masing.

Tercatat 24 Pimpinan Daerah (Pimda) Tapak Suci ikut memerahkan kejuaraan yang dilaksanakan di GOR UMS. Mereka memenuhi GOR UMS lengkap dengan baju khas pencak silat ini, merah-merah. Selain dari Jawa Tengah ada dua Pimda yang diundang secara khusus yaitu Pimda Yogyakarta dan Nabire Papua.

Ketua panitia, Alfin Faiz Alfarizi mengatakan, turnamen keenam ini sebagai sarana silaturahmi sekaligus sebagai wadah untuk pencarian bibit-bibit unggul pesilat Tapak Suci khususnya di Jawa Tengah.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si juga mengatakan tujuan diadakannya Turnamen Tapak Suci tersebut untuk mencari kader-kader Tapak Suci yang nantinya diproyeksikan untuk menjuarai dalam berbagai kejuaraan baik Nasional maupun internasional. Kemudian Sofyan Anif juga akan memberikan beasiswa kuliah di UMS kepada para pesilat yang berprestasi di UMS.

"Adik-adik pesilat yang berprestasi di Turnamen ini akan mendapat beasiswa Rektor untuk kuliah di UMS, seperti halnya kakak-kakak anda yang sudah mendapat beasiswa Rektor kini sudah menjuarai berbagai kejuaraan baik nasional maupun internasional" ujarnya.

Sementara itu kabar gembira hadir bagai sejuknya angin di pagi hari, pasalnya Ketua PP Muhammadiyah, Drs Dahlan Rais, M.Hum menginformasikan bahwa saat ini pimpinan UMS sedang mepersiapkan padepokan untuk Tapak Suci yang nilainya mencapai Rp 1,5 miliar.

"Turnamen ini sebenarnya namanya bukan se-Jawa Tengah, wong ada yang dari Yogyakarta ada yang dari Nabire Papua. Dan biasanya kalau tingkat wilayah itu yang bukan cukup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah setempat, lah ini yang buka nanti saya mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah," imbuhnya.

Turut hadir pula pada pembukaan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, Afnan Hadikusumo, PWM Jawa Tengah, Ari Ansori , Ketua Pimwil Tapak Suci Jawa Tengah, Wiwoho Aji Santoso Ortom se-Solo Raya dan Pengprov Ikatan Pencak Silat Indoensia (IPSI) Jawa Tengah, Sugeng Hariyadi, M.OR. (Bangkit N/Humas)