PSBPS UMS & USAID Gelar One Day Business Training bagi Mahasiswa

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 03/09/2020 - 09:06
seminar-usaha-psbps

Pelatihan wirausaha bertajuk One Day Business Training diselenggarakan oleh Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial (PSBPS) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan dengan USAID (United States Agency International Development) di Gedung Seminar Siti Walidah UMS, Kamis (5/2/20).

Perwakilan PSBPS UMS, Yanuar Ihtiyarso mengatakan training tersebut terlaksana atas kolaborasi antara PSBPS UMS dengan USAID. “USAID dan PSBPS UMS bekerja sama mengadakan acara ini. Bentuk kerja samanya PSBPS UMS menyediakan tempat dan peserta, sedangkan untuk konsumsi dan trainer dari USAID,” tuturnya.

Yanuar menambahkan, potensi wirausaha dan kecenderungan pola mahasiswa saat ini trennya meningkat untuk membikin usaha. “Maka ketika ada kesempatan seperti ini kami menyambut baik untuk membantu mereka mewujudkan keinginannya,” ungkapnya.

Harapannya, lanjut Yanuar, melalui pelatihan ini bisa memberikan materi dan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha. Acara ini mayoritas diikuti oleh mahasiswa, terutama mahasiswa UMS. Walau begitu mahasiswa dari perguruan tinggi lain seperti UTP dan IAIN Surakarta juga turut jadi peserta.

Senada dengan Yanuar, Management Program Officer USAID, Afiat Anam menuturkan bahwa pelatihan ini bertujuan mengasah keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha. Sehingga mahasiswa tidak melulu jadi objek pencari kerja.

Training tersebut dilakukan secara berjenjang dari tingkat awal sampai dengan akhir dan dilakukan secara berkala. "Kami menyebutnya mentoring bisnis atau coaching bisnis secara berjenjang dengan goalnya yakni peningkatan kapasitas kewirausahaan mahasiswa yang ada di Indonesia" kata Afiat.

Afiat menambahkan, UMS ini adalah perguruan tinggi Muhammadiyah pertama yang dikunjungi. “Harapan kami para peserta yang jumlahnya kurang lebih 300-an tersebut bisa konsisten sehingga ilmu yang diterima bisa lebih komplit dan mereka bisa menerapkan pada bisnis mereka masing-masing,” sambungya.

"Pada tahap pertama ini peserta mendapat ilmu dari tiga praktisi. Dua orang adalah trainer dari USAID yakni Captain Selling, Bryan Erfanda Putra dan Anita Briana Dewi selaku Tour with Moana, dan keynote speakersnya adalah owner Kebon Batik, Rahmad Gan Batik," tutup Afiat. (Bangkit N/Humas).