Rektor UMS Turut Me-Launching Theme Song Muktamar ke-48 Muhammadiyah

Dikirim oleh ridlo pada Kam, 11/21/2019 - 10:43
launching-theme-song-muktamar

Rektor Universitas UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si turut hadir dalam acara Resepsi Milad Muhammadiyah ke-107 di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (18/11/2019) malam. Sofyan Anif bahkan ikut me-launching theme song (lagu tema) Muktamar Muhammadiyah ke-48 berjudul 'Derap Berkemajuan'.

Sofyan Anif nampak berdiri di panggung sebarisan dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. Tampak pula berdiri Ketua Panitia Muktamar Marpuji Ali, Rektor UMY Dr Gunawan Budiyanto, Ketua Pimpinan Pusat Aisyiah Siti Noordjannah Djohantini, serta musisi Eross Chandra yang mengaransemen lagu 'Derap Berkemajuan'.  

Dalam launching tersebut, ditandai dengan pemukulan jimbe kecil oleh masing-masing sosok yang berdiri di atas panggung disambut dengan lagu Derapn Berkemajuan yang dinyanyikan oleh paduan suara UMY yang diiringi orchestra dari kampus UMY.

Launching Theme song Muktamar tersebut menjadi rangkaian pada resepsi Milad Muhammadiyah ke-107 dan Grand Launching Muktamar ke-48 di Sportarium Universiyas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lagu yang diberi judul 'Derap Berkemajuan' itu liriknya ditulis langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan dipercantik dengan arransemen dari Eross Chandra yang merupakan gitaris grup musik Sheila On 7.

Haedar Nashir mengatakan, lirik lagu yang ditulisnya berdasar dari perenungannya tentang spirit, pikiran, jiwa dan Muhammadiyah saat ini. Haedar Nashir menambahkan, semangat Muhammadiyah yang dinamis, berkemajuan, mencerahkan selalu dibarengi dengan nilai-nilai rohani yang kokoh untuk membawa Indonesia maju dan mencerahkan semesta.

Haedar juga mengatakan, lagu ini dinilai seirama dengan semangat Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang mengusung tema 'Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta'. Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menginginkan lewat lantunan lagu ini, dapat menyampaikan pesan-pesan tersebut.

“Di reff-nya lagu itu, berbunyi syair: di Solo Jalin ukhuwah, Muktamar satukan langkah, bersama memajukan Indonesia, bersama cerahkan semesta, Sang Surya suluh peradaban,” ungkap Haedar Nashir. Lirik lagu ini diciptakan selama sekitar satu hari satu malam. Setelahnya, lirik mengalami beberapa perubahan, sebelum akhirnya lirik diserahkan ke Erros.

Perlu diingat, Muktamar Muhammadiyah ke-48 akan digelar pada tanggal 1-5 Juli 2020 mendatang, di Kota Surakarta tepatnya di UMS. Sebentar lagi, gedung yang menjadi primadona UMS tidak hanya Gedung Induk Siti Walidah saja, tetapi akan bertambah Edutorium yang megah, ramah lingkungan, modern dan berkemajuan.(Risqi/Humas)