Ribuan Orang Ikuti Gowes To Muktamar Etape Kedua Karanganyar-Kampus UMS

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 02/25/2020 - 08:24
meriah -gowes-sesi2

Gowes To Muktamar kembali digelar oleh Panitia Penerima Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Minggu (23/2/2020). Gowes etape kedua kali ini mengambil start Karanganyar menuju finish di Kampus UMS Pabelan Kartasura dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Ribuan penggowes turut serta dalam kegiatan yang dimaksudkan untuk menyemarakkan pelaksanaan Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah ini.

Turut bergabung dalam rombongan peserta bersepeda ini di antaranya adalah Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Rober Christanto serta para anggota Forkompimda Kabupaten Karanganyar seperti Kapolres, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Agama dan lainnya. Mereka mengayuh sepeda hingga pistop pertama di PKU Karanganyar.

Sedang dari unsur jajaran pimpinan Muhammadiyah terlihat pula Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs. Marpuji Ali M.Si, Ketua PDM Surakarta KH. Subari, Ketua PDM Karanganyar Syamsuri dan lainnya. Kemudian Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Wakil Rektor 1 UMS Prof. Dr. Muhammad Da’i, Sekretaris Panitia Penerima Bambang Sukoco dan lainnya.

Para peserta gowes dari beragam usia dan kalangan tampak antusias mengayuh sepeda di sepanjang rute yang ditentukan. Tua muda, laki perempuan beriringan sepanjang jalan dengan mengenakan jersey orange dengan bertuliskan tema muktamar. “Ajang gowes ini selain untuk ajang silaturahmi, juga kami maksudkan untuk syiar kepada masyarakat tentang kegiatan Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang digelar pada 1-5 Juli 2020 mendatang di Surakarta. Kami ingin kulonuwun kepada masyarakat bahwa Muhammadiyah akan punya gawe besar di Surakarta pada Juli mendatang,” ungkap Taufiq Nugroho, Ketua Panitia Gowes.

Dikatakan Taufiq, untuk peserta gowes etape kedua ini mengalami peningkatan jumlah pesertanya. Kalau di etape pertama Sragen-Kampus UMS pada bulan lalu, diikuti sekitar 500 orang maka pada etape kedua ini jumlahnya meningkat sampai 1.300 orang. Peserta berasal dari Solo, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo dan lainnya. Start dari SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar “Antusisasme peserta makin bertambah, dimungkinkan pada etape ketiga nanti bisa tambah lagi jumlahnya,” ungkapnya.

Gowes To Muktamar bukan hanya menggembirakan di sepanjang jalan yang dilalui peserta. Tapi juga menarik saat para peserta sampai di lokasi finish yakni Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Peserta disuguhi makanan tradisional dan makan besar serta yang tak kalah menarik adalah banyaknya doorprize yang dibagikan untuk peserta.

Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dok Mohammad Da'i M.Si menyumbang 1 buah sepeda gunung guna memeriahkan gowes gebyar Muktamar. Tercatat ada banyak doorprize berupa helm sepeda, celana untuk bersepeda, tempat minum, tas sepeda, pijakan dan banyak lagi.

Muhammad Da’i yang juga menjadi panitia penerima Muktamar menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang sudah ikut memeriahkan acara gowes untuk syiar muktamar tersebut dan berharap Muktamar Muhammadiyah nanti mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan negeri tercinta.(Bangkit/Risqi-Humas)