RSGM UMS Beri Penyuluhan Gigi di Usia Senja dan Luruskan Mitos tentang Gigi

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 11/12/2019 - 08:48
penyuluhan-gigi-rsgm

Rumas Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Surakarta menggelar penyuluhan dan pemeriksaan gigi di Gedung Aisyiyah Surakarta, Jumat (8/11/2019). Kegiatan yang mengangkat tema tentang Gigi Sehat Hingga Usia Senja itu diikuti oleh kader kesehatan Aisyiyah Kota Surakarta dengan jumlah peserta 80 orang.

Penyuluhan mengenai gigi sehat hingga usia senja dipaparkan oleh drg. Herliena Dyah Indriani dan drg. Desy Lisa Aulia. Kedua narasumber menjelaskan mengenai pentingnya perawatan gigi sampai usia tua, bagaimana merawat gigi, cara penanganan gigi yang sakit, penanganan karang gigi serta cara menggosok gigi yang benar. Selain itu juga menjelaskan mengenai mitos-mitos yang sudah beerkembang di masyarakat.

Herlina Dyah Indriani selaku dokter Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk edukasi terhadap lansia tentang pentingnya gigi di usia senja dan memberikan bekal kepada mereka untuk meneruskan informasi ke orang lain agar sadar tentang pentingnya kesehatan gigi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meluruskan anggapan masyarakat mengenai adanya efek samping pada mata ketika diambil tindakan pada gigi. Hal itu jelas keliru atau hanya mitos,”ujar drg. Desy Lisa Aulia.

Ia meminta masyarakat tidak perlu takut untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin dalam periode 6 bulan sekali untuk mengetahui perkembangan kesehatan gigi, tambahnya dalam acara tersebut.

Selain penyuluhan juga diadakan pemeriksaan gigi gratis kepada kader kesehatan Aisyiyah Kota Surakarta oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri. Pemeriksaan ini sebagai langkah awal mendeteksi tingkat kesehatan gigi para kader. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri dan 6 dokter Co Assistant (Coass).

Menurut salah satu peserta Sri Lestari Ningsih (68) kegiatan tersebut sangat bermanfaat menambah ilmu pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi, dan berharap kegiatan ini bisa terus berjalan dan bisa menyasar seluruh kalangan masyarakat. Lain halnya dengan Sri Arisyiyani, kegiatan ini menjadi modal penting bagi kader kesehatan Aisyiyah Kota Surakarta untuk bisa meneruskan ilmu ini kepada masyarakat lain.(Risqi/Humas)