UMS Masuk 200 Perguruan Tinggi Terbaik Asia, Ada 18 Kampus Berasal dari Indonesia

Dikirim oleh ridlo pada Sel, 06/16/2020 - 11:32
RE-sofyan-anif

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan ada 18 Perguruan Tinggi (PT) Indonesia masuk dalam kelompok 200 kampus terbaik di Asia.

Dari 18 kampus dari Indonesia tersebut, salah satunya adalah universitas kebanggaan umat yakni Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang masuk di urutan 131. Pemeringkatan ini dilakukan oleh UniRank atau 4 Internasional Colleges and University (4ICU). Sebelumnya, UMS juga dinobatkan pemeringkatan UniRank sebagai PTS terbaik se-Indonesia.

Lima besar negara terbanyak yang mencatatkan Perguruan Tingginya di 200 terbaik di Asia adalah Tiongkok sebanyak 91 perguruan tinggi, Indonesia 18, Jepang 15, India 9 dan Taiwan 9.

"UniRank merupakan lembaga pemeringkatan Perguruan tinggi internasional sekaligus mesin pencari yang menampilkan pemeringkatan kurang lebih 13.600 perguruan tinggi yang resmi diakui dari 200 negara," mengutip keterangan resmi Dikti.

UniRank sebagai lembaga pemeringkatan Perguruan tinggi internasional, menyatakan pemeringkatan tersebut untuk memberi gambaran global berdasarkan kunjungan dan popularitas pada laman perguruan tinggi, kepercayaan atau otoritas dan popularitas tautan yang berkualitas.

Menggunakan algoritma lima metrik web yang netral dan independen. Data diolah dari lima sumber laman kecerdasan yang berbeda yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similiar Web Global Rank, Majestic Referring Domains dan Majestic Trust Flow.

Lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional tersebut baru saja merilis "Top 200 Universities In Asia 202, Asian University Ranking". Baik dari kalangan perguruan tinggi milik pemerintah maupun perguruan tinggi swasta (nonpemerintah).

Prestasi UMS yang masuk 200 terbaik di Asia ini sebenarnya mengulang prestasi yang sama di tahun 2019. Hanya saja pada tahun 2019, UMS menduduki di urutan 157 terbaik, sedangkan pada tahun 2020 urutan UMS ada di posisi 131. Dengan demikian ada lonjakan prestasi di tahun 2020 ini.

Dari 18 perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk 200 rangking Asia, UMS berada di urutan nomor 11. Sedangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan pertama sebagai perguruan tinggi terbaik dari Indonesia. UGM menduduki peringkat ke-35 dari 200 perguruan tinggi terbaik Asia.

"UniRank mencari 200 perguruan tinggi terbaik di Asia terdiri dari PTN dan PTS. UMS nomor 131. UMS juga tetap mempertahankan sebagai PTS itu rangking pertama di Indonesia. Tapi kalau disandingkan dengan perguruan tinggi dari Indonesia, UMS nomor 11," terang Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, M.Si, Selasa (16/6/2020).

Rektor menjelaskan, kriteria penilaian dari 4icu.org mencakup beberapa hal. Di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Selain itu, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral.

UniRank atau 4icu.org merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara.

"Prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti UMS benar-benar dikelola dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi ini juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS," papar Rektor. (Risqi | Humas)

Berikut daftar kampus Indonesia yang masuk 200 besar peringkat se-Asia

18. Universitas Gadjah Mada (UGM)
24. Universitas Indonesia (UI)
29. Universitas Pendidikan Indonesia
59. Universitas Diponegoro (Undip)
66. Universitas Brawijaya
72. Universitas Negeri Yogyakarta
90. Universitas Lampung
98. Universitas Airlangga
107. Institut Pertanian Bogor (IPB)
120. Universitas Negeri Semarang
131. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
152. Institut Teknologi Bandung (ITB)
154. Universitas Negeri Malang
160. Universitas Sumatera Utara
165. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
187. Universitas Bina Nusantara
191. Universitas Telkom
197. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
(*)