UMS Jalin Kerjasama dengan Dong-A University Korea Selatan, Buka Program Doubel Degree Tiga Fakultas

Dikirim oleh ridlo pada Sab, 12/14/2019 - 08:20
kerjasama-dong-a

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jali kerjasama dengan Dong-A University Korea Selatan. Kedua universitas ini menandatangani kerjasama untuk sejumlah program bersama. Di antaranya adalag kerjasama pertukaran mahasiswa, pembukaan program double degree untuk Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Teknik.

Sehingga nantinya mahasiswa double degree fakultas tersebut akan kuliah di dua universitas yakni dua tahun di UMS dan dua tahun di Dong-A University. Penandatangan kerjasama antara UMS dengan Dong-A University dilakukan di Ruang Sidang BPH Gedung Siti Walidah.

Presiden Dong-A University bersama rombongan yang datang dari Korea tersebut disambut terlebih dahulu di ruang Rektor UMS. Penyambutan dilakukan secara kekeluargaan sehingga mereka datang bukan seperti dinas melainkan seperti kumpul keluarga. Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anis, M.Si didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Da’i, S.Si, Apt, M.Si, Wakil Rektor II Ir. Sarjito, M.T, Ph.D dan Sekretaris Rektor Dr. Anam Sutopo menyambut rombongan Dong-A University.

Yang menarik ialah, presiden Dong-A University, Dr. Suk Jung Han yang non muslim datang dengan menggunakan peci hitam dan menyapa para pimpinan UMS menggunakan bahasa Indonesia. “Saya ini non muslim, dan belum mau masuk Islam karena saat ini belum bisa meninggalkan Beer (alkohol),” ucap Dr. Suk Jung Han berkelakar yang disambut hangat.

Setelah minum kopi bersama dan menikmati suguhan, mereka menuju ke ruang  rapat BPH UMS untuk penandatangan kontrak kerjasama. Prof. Dr. Sofyan Anis, M.Si, mengatakan, pihaknya sudah mempelajari proposal kerjasama yang disampaikan pihak Dong-A University dan menyetujui dilakukannya kerjasama.

Usai proses penandatanganan masing-masing pimpinan fakultas baik UMS maupun Dong-A University berdiskusi lebih lanjut terkait teknis kerjasamanya. Dr. Hyung Rim Choi Dean College of Business Administration berdiskusi dengan Dr. Drs. Syamsudin, MM  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Kemudian Dr. Chan Seob Nam Dean College of Social Science berdiskusi dengan Nurgiyatna, ST, M.Sc, Ph.D Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika, Wakil Dekan I Agus Triyono, M.Si, Yanti Haryanti, MA & Kaprodi Ilmu Komunikasi Dr. Dian Purworini. Dan yang terakhir yaitu Dr. Jung Jae Yee Dean College of Engineering berdiskusi dengan Ir. Sri Sunarjono, MT, Ph.D Dekan Fakultas Teknik. (Bangkit N/Humas)