Penelitian & Inovasi

Kegiatan Penelitian & Inovasi menjadi fokus dalam pengembangan akademik yang berkualitas dan bermutu, bagi sivitas UMS. 

Angka Penelitian UMS

Setiap tahunnya, UMS memberikan perhatian khusus kepada para Dosen dalam menghadirkan  penelitian-penelitian yang sesuai dengan disiplin ilmu sosial humaniora serta sains-teknologi terbaru untuk menjadi karya yang diakui dan menjadi rujukan oleh sivitas akademika.

Penelitian Dosen

Catatan: Rujukan data diambil dari database Isrecod dan Ristekdikti di bawah pengawasan LPPM

Pengabdian Masyarakat

Bentuk nyata, wujud pengabdian kepada Bangsa

Hadir untuk masyarakat, UMS komitmen berkontribusi untuk bangsa dalam bentuk pengabdian masyarakat. Setiap tahunya UMS meloloskan program pengabdian masyarakat dengan skema pembiayaan Pemerintah dan Institusi guna terus memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Pusat Studi

Sejak tahun 2015, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menyusun beberapa kelompok riset untuk implementasi topik-topik riset strategis. Kelompok riset berdiri dengan adanya SK Rektor dan memiliki topik riset yang menjadi fokus setiap kelompok. Kelompok riset selanjutnya menjadi wadah bagi periset untuk lebih mengeksplorasi minat dan bidang kompetensi masing-masing.

Inovasi & Hak atas Kekayaan Intelektual

Sejalan dengan visi UMS, sivitas akademika didorong untuk terus berinovasi baik dalam menghasilkan produk baru ataupun pengembangan dari produk yang sebelumnya sudah ada menjadi produk pembaharu yang dapat bermanfaat bagi umat. Tidak berhenti disitu, produk hasil inovasi pun dibekali dengan fasilitas pengakuan Hak atas Kekayaan Intelektual atau dikenal dengan HAKI. Hal ini bertujuan mendapatkan legalitas atas hasil karya yang diciptakan dan memiliki kekuatan hukum. Sejak tahun 2015 Р2020 LPPM UMS sebagai lembaga penanggungjawab telah mengajukan dan mengesahkan berbagai karya dalam bentuk: Buku, Modul, Lagu, Alat Peraga, Desain Produksi, Produk Pakai,  dan Program/Software Komputer.