Pelantikan Kader Muhammadiyah, sebagai Guru Besar UMS

Dikirim oleh ridlo pada Sen, 09/03/2018 - 09:12
guru-besar-tjipto

Senat Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan sidang terbuka dengan agenda tunggal pengukuhan Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Upacara pengukuhan digelar di ruang seminar lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta pada hari Sabtu (01/09/2018). 

Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si. merupakan Dosen Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS (FKIP UMS). Dihadapan tamu undangan, Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si. yang juga sebagai Ketua Cabang Muhammadiyah Kartasura menyampaikan pidato ilmiahnya dengan judul “Model Pembinaan Guru Ilmu Sosial Berbasis Lesson Study Menuju Pendidik Profesional”. Salah satu poin yang disampaikan yaitu untuk menciptakan pendidik yang profesional, diperlukan model pembinaan pendidik profesional dengan menggunakan “Pendekatan Lesson Study modifikasi dengan empat tahap tiga siklus”, empat tahap tersebut adalah tahap kajian akademik, Plan (Perencanaan), Do (Pelaksanaan tindakan dan observasi), See (refleksi, evaluasi dan revisi) sedangkan tiga siklus yaitu siklus satu, dua dan siklus tiga. 

Rektor UMS ,Dr. Sofyan Anif, M.Si. juga turut memberikan sambutan. Dalam kesempatannya, Rektor UMS menyampaikan bahwa profil guru besar yang dilantik kali ini adalah kader persyarikatan Muhammadiyah, “hari ini banyak kader-kader persyarikatan Muhammadiyah menghadiri acara pengukuhan, karena guru besar yang dilantik hari ini juga kader persyarikatan Muhammadiyah" jelas Rektor UMS dsambut dengan tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Kiprah Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si dalam persyarikatan Muhammadiyah dimulai sejak menjadi Anggota Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Surakarta tahun 1975. Hingga sekarang dosen Pascasarjana UMS tersebut, masih mengemban amanah sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kartasura tahun 2016 – 2021.

Selain itu, Guru Besar kelahiran Sukoharjo, 07 Juni 1953 diakhir upacara pengukuhannya, dia memberikan wakaf buku sebanyak 1.221 eksemplar kepada Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UMS. Penyerahan wakaf buku secara simbolik diterima langsung oleh Drs. Suharjo, M.S. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Geografi UMS. (Risqi)